Hosting Unlimited Indonesia

Siapkah Pemuda Indonesia menghadapi ASEAN Community





Di Eropa kita kenal ada istilah Uni Eropa, maka di Asia tenggara dikenal Asean. Berdasarkan hasil KTT ke-12 yang berlangsung di cebu negara Filipina yang menghasilkan deklarasi cebu, salah satu isinya adalah mempercepat Asean Comumunity/komunitas Aseanpada tahun 2015. Pada awalnya akan dilakasanakan pada tahun 2020. Pada tahun 2015 ini Asean akan "berintegrasi" atau menjadi satu kesatuan wilayah mejadisebuah organisasi kawasan yang lebih solid dan maju, membangun kebersamaan untuk satu tujuan yaitu satu visi, satu indentitas, satu komunitas. Sehingga dapat mendorong terciptanya suatu kekompakan, kesamaan visi satu tujuan, kesejahteraan bersama dan saling peduli di anatara negara kawasan asia tenggara atau Asean.

Dalam rangka menghadapi Asean community tahun 2015 ini,Indonesia sebagai negara tersebar wilayahnya di kawasan Asia Tenggara semestinya memainkan peranan yang sangat penting sebagaipenentu arah kebijakan ekonomi, politik, keamanan, sosial dan budaya dalam melaksanakan aturan dan ketentuan dalam Asean Community.Terbentuknya komunitas Asean 2015 sendiri ditopang oleh 3 (tiga) pilar utama yaitu komunitas politik dan keamanan, komunitas ekonomi asean, komunitas sosial dan budaya asean.
Dalam menghadapi asean community ini pemuda Indonesia tidak perlu takut dan ragu akan kemampuan pemuda indonesiadan sebagai bentuk partisipasinya para pemuda Indonea harus meningkatkan kualitas diri dan meningkatkan rasa kecintaan kepada bangsa dan tanah airnya serta sikap pemuda Indonesia dalam mengahadapi Asean Community menerima dengan positif, berantusias untuk saling bertukar pengetahuan dan memberikan dukungan diantara pemuda Asean. Dalam menghadapai persaingan tersebut Pemuda Indonesia tidak hanya mempunyai pengetahuan saja akan tetapi harus di topang dengan keterampilan atau skill yang mumpuni tentunya dalam bidang-bidang yang digeluti dan tak kalah penting kemampuan bahasa khususnya bahasa Inggris tentunya.
Untuk menghadapi Asean community2015penulis memberikan rekomondasi dalamhalperansertapemuda dalam menghadapi atau menyongsong Asean Community antara lain:
  • Peran Pemuda dalam Political and Security Community adalah Monitoring regulasi/kebijakan yang dibuat oleh pemerintah yang berkaitan dengan ASEAN Community menjaga stabilitas bangsa dan patriotisme.
  • Peran Pemuda dalam Economic Community adalah mempersiapkan dan membentuk kader pemuda dalam memberikan sosialisasi ASEAN Comunity, mencintai produk dalam negeri dan mengurangi konsumsi produk luar negeri, menciptakan inovasi baru, meningkatkan dan mempromosikan produk dari berbagai usaha, menyadari peluang usaha di daerah masing-masing yang berkaitan dengan keunikan daerah.
  • Peran Pemuda dalam Social Culture Community adalah meningkatkan dan melestarikan rasa kecintaan terhadap budaya daerah dan nasional, maksimalisasi penggunaan ilmu teknologi (IT) dalam berbagai aspek, mempersiapkan pemuda dalam menghadapi pergaulan internasional.

0 Response to "Siapkah Pemuda Indonesia menghadapi ASEAN Community"

Posting Komentar